Kamis, 01 Oktober 2015

28 DZULHIJJAH 1408

Ada apa dengan tanggal itu?

Sebuah fenomena yang saya berkaca pada diri saya sendiri. Dimana pengakuan atas diri ini sebagai seorang muslim terkadang belum benar-benar secara sempurna. Memang tidak mungkin sempurna, tapi terlalu banyak hal yang tidak kita ketahui tentang Islam. Contoh kecil adalah nama-nama bulan dalam Islam atau tahun hijriyah.

Seingatku sejak TK sudah dicekokin dengan nyanyian bulan-bulan masehi hingga saat ini saya hafal mati dengan nama-nama bulan itu, bahkan dalam versi inggris sekalipun. Beberapa hari yang lalu saya tersentil dari pertanyaan salah seorang kawan "Sekarang tahun berapa ya?" tanyanya. Lantas ku jawab "tahun 2015, masa lupa?". "Bukan itu, maksud saya tahun hijriyah". Beruntung sebelumnya saya sempat melihat sekilas di kalender tertulis 1436 H lantas saya jawab "Tahun 1436 H". Dari kejadian tersebut saya semakin sadar bahwa tidak sedikit yang masih awam dengan tahun hijriyah. Termasuk saya yang masih perlu berpikir ketika ditanya bulan atau tahun hijriyah. Baiklah, itu pengalaman masa lalu saya dan saya tidak ingin pengalaman ini terjadi juga pada generasi sekarang. Dari inspirasi itu, siswa-siswa tempat saya mengajar akan diadakan lomba paduan suara dimana lagunya adalah nama-nama bulan hijriyah. Secara tidak langsung kita para guru mengajak anak-anak untuk terbiasa dan hafal dengan nama-nama bulan Islam. Bahkan tidak cukup sampai situ, siswa dan guru wajib tahu tanggal lahir mereka masing-masing dalam tahun hijriyah. Ternyata kegiatan ini terangkai dalam kegiatan peringatan tahun baru hijriyah yang jatuh pada tanggal 1 Muharram 1437 H (ya iya lah). Pada saat saya menulis ini, acara baru sebatas konsep yang masih digodok oleh panitia. Tentu akan ada penambahan-penambahan yang bersifat positif. Pada intinya target utama dari kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan nama-nama bulan hijriyah pada anak-anak.
Lantas tanggal 28 Dzulhijjah 1408 H itu tanggal apa? Itu adalah tanggal lahir saya ketika dikonversi kedalam tanggal hijriyah dan sebentar lagi saya berulang tahun yang ke-28 tahun versi tahun hijriyah. Hayo tanggal lahir kalian dalam hijriyah jatuh pada tanggal berapa?

1 komentar: